Indonesia Dorong ASEAN Dongkrak Skill Pekerja di Luar Negeri

Indonesia Dorong ASEAN Dongkrak Skill Pekerja di Luar Negeri
Indonesia Dorong ASEAN Dongkrak Skill Pekerja di Luar Negeri
JAKARTA - Pemerintah Indonesia berupaya mendorong peningkatan citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota ASEAN di kawasan dunia lainnya. Salah satunya, dengan meningkatkan  standar kompetensi keterampilan kerja di berbagai bidang kejuruan tenaga kerja negara-negara anggota ASEAN.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mengatakan, ASEAN harus meningkatkan kerjasama dalam pelatihan keterampilan kerja. Pelatihan tersebut melibatkan unsur pemerintah, industri, organisasi pengusaha dan organisasi pekerja serta institusi pelatihan untuk mewujudkan tenaga kerja profesional yang sesuai standar  internasional.

"Peningkatan standar kompetensi kerja menjadi keharusan," terang Muhaimin  di dalam acara First Organizing Committee Meeting ASEAN Skills Competition  (ASC) ke-9 di Jakarta, Kamis (1/12).

Dijelaskannya, ASC merupakan ajang kompetisi bagi tenaga kerja muda di negara-negara ASEAN dalam hal penguasaan kompetensi keterampilan kerja berbagai bidang. Rencananya, ASC ke-9 ini akan diselenggarakan pada bulan November 2012 di Jakarta.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia berupaya mendorong peningkatan citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota ASEAN di kawasan dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News