Indonesia Gagal Beri Kejutan Saat Tantang Tuan Rumah Korsel

Indonesia Gagal Beri Kejutan Saat Tantang Tuan Rumah Korsel
DEMI HARGA DIRI: Dukungan suporter Indonesia. FOTO: Hendra Eka/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, SEOUL - Timnas Indonesia U-19 gagal memberikan kejutan dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 grup F saat menantang tuan rumah Korea Selatan di Paju Stadium, Paju, Gyeonggi-Do, Korsel, Sabtu (4/11) siang WIB. Rachmat Irianto dkk harus mengakui keunggulan tuan rumah dan takluk dengan skor telak 0-4 (0-1).

Kekalahan ini sudah terasa sejak menit pertama karena Indonesia mudah kehilangan bola. Sosok Egy Maulana Vikri yang begitu dominan di laga sebelumnya, dalam pertandingan ini tampil kurang bagus dan terus ditempel oleh pemain Korsel.

Hilangnya sentuhan pemain Indonesia dan matinya pergerakan Egy, membuat Indonesia bermain jelek. Hasilnya, laga baru memasuki menit ke-9, sebuah antisipasi yang buruk dari penjaga gawang membuat kemelut dan bola liar berhasil disepak dengan baik oleh Um Wonsang dan Indonesia kebobolan.

Tertinggal, Indonesia mencoba untuk meningkatkan serangan. Namun, pressing ketat dari pemain Korsel, membuat penggawa Indonesia kesulitan dan tak mampu membuat peluang bagus. Skor 0-1 menutup laga pada babak pertama.

Babak kedua, Indonesia mulai melakukan perubahan. Permainan dibuat lebih terbuka dan Egy digeser posisinya untuk bisa mengeksplorasi pertahanan Korsel. Apa yang dilakukan oleh skuat Garuda Nusantara mulai membawa variasi permainan Indonesia. Sebuah peluang didapatkan Hanis Saghara, saya sepakannya terlalu pelan sehingga bisa diamankan.

Saat asyik menyerang, lini belakang Indonesia lengah. Sebuah serangan cepat dari sayap yang dilanjutkan dengan crossing, gagal diantisipasi lini belakang dan disundul dengan baik oleh Oh Se-Hun pada menit ke-57. Ketinggalan 2-0 membuat pemain Indonesia kehilangan konsentrasi dan semakin buruk dalam komunikasi.

Imbasnya, menit ke-61 kiper Indonesia Aqil Savik melakukan kesalahan. Dia memberikan umpan kepada Samuel yang belum siap menerima bola. Akibatnya, Um Won-Sang yang bediri bebas mampu memanfaatkannya dan menceploskan bola dengan mudah. Skor 3-0 untuk Korsel saat laga baru memasuki menit ke-61.

Memasuki menit 76 Abimanyu melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti. Sebuah tendangan bebas dari Lee Jae-Ik berhasil mengubah skor menjadi 4-0 pada menit ke-76. Skor tersebut bertahan sampai laga usai.

Timnas Indonesia U-19 gagal memberikan kejutan dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 grup F saat menantang tuan rumah Korea Selatan di Korsel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News