Indonesia Genjot Ekspor Pisang ke Jepang

Indonesia Genjot Ekspor Pisang ke Jepang
Pisang Kepok. ILUSTRASI. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, TOKYO - Siapa yang menyangka pisang ternyata salah satu buah favorit warga Jepang. Berdasarkan data tahun 2017, volume konsumsi pisang di Jepang sebesar 18,5 kilogram per rumah tangga yang beranggotakan dua orang atau lebih. Capain ini tertinggi dibanding buah-buah lainnya. Angka yang dicatat untuk volume konsumsi pisang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan apel (12,2 kilogram per rumah tangga) dan jeruk citrus (10,1 kilogram per rumah tangga).

Tingginya permintaan warga Jepang akan buah pisang ini ditangkap pemerintah Indonesia sebagai peluang emas. Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini berupaya melakukan akselerasi ekspor pisang ke negara sakura tersebut.

Atase Pertanian KBRI Tokyo Sri Nuryanti menyebutkan, pada tahun lalu Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-10 sebagai eksportir pisang ke Jepang, dengan nilai ekspor sebesar US$ 1,67 Juta. Padahal pisang asal Indonesia baru mulai menembus pangsa pasar Jepang pada tahun 2015.

BACA JUGA: Produk Bawang Merah Probolinggo Serbu Thailand

“Baru pada tahun tersebut, Indonesia dapat memanfaatkan kuota pisang sebanyak seribu ton per tahun dengan tarif nol persen. Ekspor ini merupakan yang perdana sejak penandatanganan Indonesia-Jepang dalam Economic Partnership Agreement (IJEPA) pada 2008,” ujar Sri.

Masuknya pisang Indonesia ke Jepang merupakan pencapaian penting karena pasar produk pertanian negara tersebut terkenal sangat ketat. Jepang menerapkan standar mutu dan kesehatan yang sangat tinggi untuk impor produk pertanian.

BACA JUGA: Kementan Dorong Daerah Gelar Sosialisasi Pengoperasian Alsintan

Dalam dua tahun terakhir, negara-negara Asia Tenggara memang menunjukkan taringnya dalam pemasaran pisang di Jepang. Bahkan Filipina saat ini menjadi penguasa pasar pisang di Jepang. Setidaknya 80 persen pasar di sana dikuasai oleh Filipina, menyalip negara-negara Amerika Latin, antara lain Ekuador dan Meksiko yang sebelumnya merupakan ekspotir terbesar pisang di dunia.

Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya melakukan akselerasi ekspor pisang ke Jepang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News