Indonesia Jadi Basis untuk Asia Tenggara

Indonesia Jadi Basis untuk Asia Tenggara
Indonesia Jadi Basis untuk Asia Tenggara
JAKARTA - Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh, membenarkan adanya keterkaitan gerakan terorisme di Aceh dengan gerakan di Mindanau Filipina, bahkan ditengarai ada upaya Indonesia akan dijadikan basis untuk Asia Tenggara. "Secara rinci, nanti akan dijelaskan Kapolri mengenai hal ini. Tetapi dari pengakuan yang sudah ditangkap, ada anggota yang merupakan alumnus Mindanau,” ungkapnya, di Jakarta, Selasa (9/3).

Dia juga menyerahkan penyebutan identitas para pelaku yang diduga terorisme tersebut kepada pihak kepolisian. Namun, dari informasi yang diketahuinya, yang telah mengikuti kegiatan pelatihan di Aceh, sebanyak kurang lebih lima puluh orang. “Mereka terdiri dari berbagai level, pemula hingga pelatih,” jelasnya.

Diakui, delapan orang diantaranya merupakan warga Aceh. Namun bukan berarti adanya kegiatan pelatihan tersebut diterima oleh masyarakat Aceh. Dia menekankan, masyarakat Aceh tidak semudah itu menerima infiltrasi dari luar. Indikatornya, jika masyarakat Aceh menerima infiltarsi ini, maka gerakan ini tidak mungkin bocor.

Ia menyatakan ada sekitar lima puluh orang yang ikut dalam pelatihan tersebut. Delapan orang diantaranya berasal dari Aceh, tapi bukan berarti hal itu menjadi bukti bahwa masyarakat Aceh mudah menerima infiltrasi luar. "Seandainya masyarakat Aceh terima mereka, masalah ini tidak bocor," cetusnya.

JAKARTA - Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh, membenarkan adanya keterkaitan gerakan terorisme di Aceh dengan gerakan di Mindanau Filipina, bahkan ditengarai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News