Indonesia-Korea Terbitkan 5 MoU

Indonesia-Korea Terbitkan 5 MoU
Indonesia-Korea Terbitkan 5 MoU
JAKARTA - Republik Korea merupakan mitra dagang Indonesia pada urutan kelima dan urutan ketujuh tujuan ekspor non-migas. Dalam lima tahun terakhir, perdagangan Indonesia-Korea capai 20 persen. Indonesia untuk Korea merupakan negara terbesar kedua sebagai pemasok LNG.

jpnn.com - Juru Bicara Kepresidenan, Dino Patti Djalal mengutarakan, kunjungan Presiden Korea Lee Myung-Bak ke Indonesia hingga bertemu Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (6/3), setidaknya telah menghasilkan lima nota kesepahaman (MoU). Hal itu juga diungkap oleh Menteri Industri dan Energi Korea, Kim Young-Ju.

“Kita telah berhasil membuat kesepahaman atas lima kerjasama; diantaranya proyek pembangunan jalan kereta api dan terminal logistik di Kalimantan Timur. Lainnya, pengembangan minyak dan likuifikasi. Korea dan Indonesia telah sepakat untuk menindaklanjuti lebih dalam kesepahaman ini. Kerjasama Indonesia-Korea perlu dipercepat, apalagi nilai investasi terbilang cukup besar, sekitar US$ 5,7 miliar. Nilai investasi itu merupakan tertinggi keempat,” papar Kim.

“Presiden Susilo memberi dukungan penuh atas hasil kerja joint task force. Join ini bisa meningkatkan kinerja kedua negara,” papar Jubir Kepresidenan, Dino Patti Djalal.

Dia juga mengatakan, pertemuan SBY dan Kim menghasilkan produk yang produktif dan konstruktif. ”Presiden Susilo juga diundang ke Korea dalam waktu dekat. Itu juga untuk follow up kerjasama. Usai penandatanganan Strategic Partenership bersama Presiden SBY, 2008 lalu, Presiden Korea Roh Moo-Hyun memerintahkan jajarannya segera menindaklanjuti kerjasama bilateral Indonesia-Korea,” bebernya.

Turut mendampingi SBY, antara lain Panglima TNI Djoko Santoso, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Boediono, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Ketua BKPM M Lutfi, Jubir Kepresidenan Dino Patti Djalal dan Andi Mallarangeng.(gus/jpnn)


JAKARTA - Republik Korea merupakan mitra dagang Indonesia pada urutan kelima dan urutan ketujuh tujuan ekspor non-migas. Dalam lima tahun terakhir,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News