Indonesia-Korsel Tingkatkan Kerjasama

Indonesia-Korsel Tingkatkan Kerjasama
BILATERAL: SBY dan Lee Myung-Bak di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat kunjungan kehormatan Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-Bak. Dalam pertemuan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (6/3) itu, SBY dan Lee Myung sepakat untuk meningkatkan kerjasama bilateral.

Ini merupakan kunjungan perdana Lee Myung ke Indonesia, sejak dilantik Februari 2008 lalu. Dia datang didampingi sang isteri, Kim Yoon-Ok. Rombongan tersebut disambut oleh SBY dan Ani Yudhoyoni beserta para menteri kabinet Indonesia Bersatu dalam sebuah upacara kenegaraan yang diiringi 21 kali dentuman meriam.

Pertemuan kedua pemimpin ini tidak hanya terfokus pada pembahasan kerjasama bilateral, melainkan juga guna membicarakan sejumlah isu regional dan dunia. Namun sejauh ini belum diperoleh informasi rinci mengenai apa saja yang mereka bicarakan.

Kerjasama Indonesia-Korea terus diperdalam setelah penandatanganan Joint Declaration on Strategic Partnership antara RI dan Korsel - atau Republic of Korea - yang bertajuk "To Promote Friendship and Cooperation in the 21st Century", tahun 2006 lalu di Indonesia. Kala itu, Presiden Korsel masih dijabat oleh Roh Moo-Hyun. (gus/JPNN)

JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat kunjungan kehormatan Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-Bak. Dalam pertemuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News