Indonesia-Kosel Sepakat Bentuk Pusat Kerja Sama E-Government

Indonesia-Kosel Sepakat Bentuk Pusat Kerja Sama E-Government
Indonesia-Kosel Sepakat Bentuk Pusat Kerja Sama E-Government

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI dan Kementerian  Administrasi Pemerintahan dan Dalam Negeri Korea Selatan (MOGAHA) menggelar the 2nd Joint Commite on E-Government and Administration Reform. 

Dalam agenda itu, kedua belah pihak sepakat untuk memperdalam dan mengembangkan kerjasama di bidang e-government melalui pembentukan dan pengoperasian Pusat Kerjasama e-government (E-GCC).
 
Forum ini adalah tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) pembentukan Komite Bersama Kerjasama bidang E-Government dan Reformasi Birokrasi yang ditandatangani di Busan, Korea selatan (Korel) pada 11 Desember 2014. 

MoU tersebut  bertujuan untuk mengkoordinasikan, menjajaki bidang kerjasama baru yang memungkinkan, serta memperluas dan memperdalam hubungan bilateral pada bidang tersebut.
 
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi berharap agar the 2nd Joint Commite Meeting ini dapat memberi hasi penting dan bermanfaat untuk mendukung agenda reformasi birokrasi di Indonesia 

“Salah satu hasil penting dari forum ini adalah penandatanganan MoU untuk kerja sama dalam pembentukan dan pengoperasian E-Governement Cooperation Center (E-GCC),” ujar Menteri Yuddy di Jakarta, Senin (24/8).
  
Yuddy mengakui, saat ini Korea sudah masuk dalam kelompok negara-negara maju, yang tergabung dalam Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). 

Keberhasilan itu tak lepas dari keberhasilannya dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Sementara Indonesia, saat ini masih tergolong dalam middle income countries, yang ditargetkan bisa masuk ke dalam kelompok negara maju pada 2025. 

“Melalui kerja sama ini kami berharap pemerintah Indonesia dapat memetik berbagai pelajaran penting dari pengalaman Pemerintah Korea dalam melaksanakan reformais birokrasi,” imbuh Yuddy. (esy/jpnn)


JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI dan Kementerian  Administrasi Pemerintahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News