Indonesia Lahan Subur Cyber Crime

Indonesia Lahan Subur Cyber Crime
Indonesia Lahan Subur Cyber Crime
JAKARTA — Luasnya penyebaran video mesum yang diduga diperankan artis nasional semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai lahan subur bagi kejahatan dunia maya (Cyber Crime). Bahkan angka cyber crime di Indonesia termasuk tinggi.

Wakil Direktur II Ekonomi Khusus Polri, Kombespol Petrus Golose, menyatakan, kejahatan cyber di Indonesia telah diketahui secara luas tak hanya di dalam negeri. "Indonesia ternyata merupakan ladang Cyber Crime, hal ini terbukti dari banyaknya laporan cyber crime dari luar negeri ke Indonesia," ujar Golose saat menjadi pembicara pada Seminar Moderenisasi Infrastruktur dalam Penegakan Hukum, di PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (9/6).

Dipaparkannya, banyaknya laporan tentang kejahatan dunia maya di Indonesia berdatangan tidak hanya dari negara-negara di Asia, teapi juga hingga Eropa dan Amerika. Golose menyebutkan, laporan antara lain datang dari Yunani, Hungaria, Jerman, Belgia, Italia, Polandia, Norwegia, Namibia, Australia, Pakistan Hongkong, Singapura, Arab Saudi, Argentina, Ceko dan Mexico.

Lebih lanjut Golose menyebutkan, terhitung sejak 2001 lalu Mabes Polri sudah menangani 175 kasus cyber crime, termasuk di dalamnya adalah 89 laporan yang berasal dari luar negeri. "Indonesia memamg banyak mendapatkan pengaduan  kasus tersebut dari luar negeri," tambahnya. (zul/jpnn)

JAKARTA — Luasnya penyebaran video mesum yang diduga diperankan artis nasional semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai lahan subur bagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News