Indonesia punya Cara Hadapi Pelemahan Ekonomi

Indonesia punya Cara Hadapi Pelemahan Ekonomi
Menteri Perindustrian Saleh Husin. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Perindustrian Saleh Husin menilai, kondisi ekonomi global masih perlu diwaspadai, tapi tak perlu ditakuti pelaku usaha. Sebab, Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menghadapi pelemahan ekonomi tersebut.

“Kita tahu kondisi ekonomi global memang belum baik. Tetap harus waspada terutama bagi yang ekspor. Tapi, saya kira pengusaha sudah paham itu karena bisnis ibaratnya kehidupan, selalu ada yang mati ada yang lahir. Kita tidak perlu terlalu khawatir,” ujar Saleh Husin seperti dilansir Jawa Pos (Induk JPNN.com), Senin (4/4).

Menurut Saleh, fokus pemerintah adalah menjaga supaya industri-industri tetap bisa hidup dengan segala tantangannya. Selain itu, mendorong kelahiran industri-industri baru. Dengan begitu, roda perekonomian tetap berjalan stabil.

“Setiap hari kami cari cara agar industri dalam negeri tidak turun, tapi malah semakin tumbuh,” ucapnya.

Menurutnya, pertumbuhan industri di Indonesia justru berada di atas persentase pertumbuhan ekonomi nasional. Pada 2015, saat ekonomi Indonesia hanya tumbuh 4,79 persen, pertumbuhan industri justru 5,04 persen.

“’Artinya, lumayan dibanding negara ASEAN lain yang tumbuh di bawah itu,” katanya.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia menilai, sinergisme pemerintah pusat hingga pemerintah daerah belum berjalan baik dalam implementasi paket kebijakan ekonomi. “Di tingkat pusat, saya kira sudah baik kebijakannya. Hanya di tingkat daerah justru adem ayem,” katanya.(wir/c5/oki/fri/jpnn)


JAKARTA – Menteri Perindustrian Saleh Husin menilai, kondisi ekonomi global masih perlu diwaspadai, tapi tak perlu ditakuti pelaku usaha. Sebab,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News