Indonesia Punya Kans Besar jadi Juara Grup B Piala Thomas

Indonesia Punya Kans Besar jadi Juara Grup B Piala Thomas
Skuat Piala Thomas Indonesia melakoni latihan. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, BANGKOK - Kanada akan menjadi lawan pertama Indonesia di kualifikasi Grup B Piala Thomas, di Bangkok, Minggu (20/5) pagi WIB.

Menghadapi Kanada yang tidak mempunyai sejarah di bulu tangkis dunia, seharusnya bukan menjadi masalah besar bagi Indonesia.

“Tetapi kami tetap tidak boleh meremehkan, soal siapa saja yang turun, kami masih punya waktu untuk menentukan,” ujar pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, sebelum bertolak ke Bangkok Rabu (16/5).

Piala Thomas 2018 memang menjadi ajang bergengsi yang bakal dimaksimalkan PP PBSI. Dua tahun lalu di Kunshan, Tiongkok, Indonesia hampir saja membawa pulang kembali Piala Thomas ke tanah air. Sayangnya, di final Indonesia takluk dari Denmark yang merengkuh gelar beregu putra dunia itu untuk pertama kalinya.

Pada edisi 2018 kali ini, Jonatan Christie dkk berada di Grup B. Selain Kanada, ada tuan rumah Thailand dan Korea Selatan.

Mengacu head-to-head yang ada, Korsel masih menjadi lawan tangguh bagi pebulu tangkis Indonesia. Di atas kertas, Kanada dan Thailand bisa dilewati. Namun, ini merupakan turnamen beregu, strategi terbaik akan menentukan semua hasil akhir. Termasuk kebijakan menurunkan pemain terbaik.

Beruntungnya, Indonesia bisa memaksimalkan komposisi enam pemain ganda putra yang dibawa ke Bangkok. Hal ini dibenarkan Herry IP. Dia masih menggantungkan harapan satu ganda putra utama via Marcus/Kevin. “Kami punya ganda pertama yang lagi on fire, yang lain juga, tinggal memutuskan siapa yang turun di ganda kedua,” bebernya.

Mengacu hasil dua tahun lalu, Hendra Setiawan yang kembali menjadi kapten Tim Thomas Indonesia optimistis melihat kemampuan para pemain di sektor tunggal putra. Menurutnya, Jonatan, Ginting, Ihsan dan Firman punya pengalaman yang mumpuni untuk bisa melewati tantangan yang ada nantinya.

Indonesia berturut-turut akan meladeni Kanada, Thailand dan Korea Selatan di babak penyisihan Grup B Piala Thomas 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News