Indonesia Resmi Melamar jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia Resmi Melamar jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia resmi menawarkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pencalonan ini ditandai dengan penyerahan surat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Surat atas nama Indonesia ini diserahkan oleh Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadad pekan lalu.

Sebelumnya, Jokowi secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade kepada Thomas Bach saat berkunjung ke Indonesia saat Asian Games 2018.

(Baca yang ini: Jokowi: Indonesia Siap jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032)

Dubes RI Bern mengatakan, lamaran Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 bisa menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia, terutama sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan sebagai anggota G-20.

“Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun 2018 (Asian Games) lalu menjadi bahan pertimbangan,” ujar Muliaman.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Selain Indonesia, dua Korea, India dan Australia kabarnya juga tertarik untuk mencalonkan diri.

Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah olimpiade berturut-turut untuk tahun 2020, 2024, dan 2028. (adk/jpnn)


Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News