Indonesia vs Malaysia: Dari Rivalitas Sejak 1960 Sampai Taktik dan Prediksi

Indonesia vs Malaysia: Dari Rivalitas Sejak 1960 Sampai Taktik dan Prediksi
Skuat Garuda bahu-membahu mengangkat gawang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Duel klasik Indonesia vs Malaysia bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9) malam WIB. Kali ini pertemuan dua tetangga ini terjadi dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Rivalitas Indonesia melawan Malaysia sudah memanas sejak awal masa 1960-an, ketika situasi politik menyeret kedua negara serumpun ke tepian konflik. Namun, hampir 60 tahun sesudahnya, sejuk hubungan kedua negara ternyata tidak berimbas ke lapangan sepak bola. Pendukung fanatik kedua kesebelasan menganggap laga ini layaknya pertaruhan nama bangsa. Rivalitas itu tidak surut meski zaman terus bergulir.

Isu-isu nonteknis kerap kali membuat pertandingan kedua tim berjalan keras disertai drama. Tidak perlu mundur jauh-jauh, pada final Piala AFF 2010, kontroversi sempat terjadi setelah penjaga gawang Indonesia Markus Horison menduga dirinya diserang laser dalam laga leg pertama yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Dalam laga tersebut, Indonesia kalah 0-3 dan gagal juara setelah di leg kedua hanya menang dengan skor 2-1.

Situasi panas tersebut terasa ke laga perebutan medali emas sepak bola putra SEA Games 2011 timnas U-23 Indonesia versus Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang kembali dimenangi Malaysia dengan adu penalti. Di sini, timnas U-23 Malaysia harus dikawal sangat ketat dengan alasan keamanan.

BACA JUGA: Indonesia vs Malaysia: Aji Santoso Titip Petuah Buat Skuad Garuda

Saat ini, tahun 2019, timnas Indonesia bersua kembali dengan Malaysia dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sejatinya, Indonesia maupun Malaysia akan bertanding dua kali kandang-tandang di kompetisi yang juga menjadi babak kualifikasi Piala Asia 2023 tersebut. Di pertemuan pertama, Indonesia menjadi tuan rumah.

Pertarungan klasik Indonesia vs Malaysia bakal digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, malam nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News