Industri Ditarget Tumbuh 10 Persen

Industri Ditarget Tumbuh 10 Persen
Industri Ditarget Tumbuh 10 Persen
JAKARTA- Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri sektor permesinan bisa meningkat di atas 10 persen pada tiga tahun ke depan. Saat ini, pertumbuhan sektor tersebut masih sangat kecil atau di bawah 10 persen per tahun. Untuk itu, melalui insentif tax holiday pemerintah akan menggenjot pertumbuhan industri permesinan nasional.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan porsi impor dikuasai barang modal dan bahan baku penolong. Menurut dia, kondisi tersebut sebagai kelemahan sektor perekonomian sekarang dimana kebanyakan pemenuhan barang modal melalui impor. Untuk itu, pihaknya akan memacu masuknya investasi di sektor barang modal terutama permesinan.

"Sekarang, dengan adanya insentif fiskal berupa tax holiday mendorong supaya investasi bisa masuk," katanya pekan lalu. Apalagi, selama ini pertumbuhan industri permesinan relatif masih rendah dibandingkan sektor lain. Disebutkan, pertumbuhan industri permesinan masih di bawah 10 persen. Untuk itu, pihaknya optimistis bisa mendorong pertumbuhan sektor tersebut.

Ditargetkan tiga tahun ke depan atau tahun 2014 investasi di sektor barang modal mesin akan meningkat. Sedangkan pemberian insentif untuk para pemodal berupa pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan tersebut berlangsung untuk periode 5-10 tahun. "Dengan adanya fasilitas tersebut mereka tidak perlu bayar PPh sampai lima tahun ke depan," ucap dia.

JAKARTA- Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri sektor permesinan bisa meningkat di atas 10 persen pada tiga tahun ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News