Industri Kecantikan China Diserang Media Pemerintahnya Sendiri

Industri Kecantikan China Diserang Media Pemerintahnya Sendiri
Seorang menunggu operasi medis untuk menambahkan lipatan pada kelopak mata agar matanya tampak lebih besar di sebuah klinik bedah plastik di Shanghai, China, November 2007. (ANTARA/Reuters)

jpnn.com, BEIJING - Media pemerintah China pada Selasa mengatakan penertiban iklan tentang operasi, prosedur dan perawatan kecantikan adalah hal yang "penting dan mendesak"

Surat kabar milik pemerintah People's Daily mengatakan sejumlah iklan membuat klaim yang berlebihan atau palsu.

Menurut surat kabar tersebut, iklan dan promosi semacam itu bertebaran di mana-mana, dari poster di halte bus dan kereta bawah tanah hingga promosi di media sosial dan acara televisi.

"Iklan kecantikan medis sangat meresap," tulis People's Daily di lamannya.

Surat kabar itu mengatakan sejumlah iklan mengaitkan ketampanan dengan "kualitas tinggi", "ketekunan" dan "kesuksesan", mengarang cerita tentang "operasi plastik mengubah nasib seseorang", dan mendistorsi persepsi publik tentang estetika.

Kritik terhadap bisnis ini muncul setelah pemerintah China bertindak keras terhadap beberapa sektor industri, dari teknologi hingga pendidikan dan properti.

Tindakan itu dilakukan untuk memperkuat kontrol pemerintah atas sektor ekonomi dan masyarakat yang berkembang secara tak terkendali selama bertahun-tahun .

Pengaturan sejumlah sektor bisnis oleh pemerintah telah memicu kekhawatiran investor tentang sektor mana lagi yang akan ditertibkan.

Surat kabar milik pemerintah People's Daily mengatakan sejumlah iklan membuat klaim yang berlebihan atau palsu

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News