Industri Manufaktur Ditargetkan Tumbuh Tujuh Persen

Industri Manufaktur Ditargetkan Tumbuh Tujuh Persen
Industri Manufaktur Ditargetkan Tumbuh Tujuh Persen
BANDUNG - Industri manufaktur masih menjadi sektor potensial bagi pemerintah untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Pada tahun 2010 ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan industri manufaktur sebesar 5-7 persen.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa, dalam acara diskusi tentang struktur APBN-P 2010 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/4). Optimisme ini kata Hatta, seiring dengan ekspektasi pertumbuhan investasi yang juga akan tumbuh sebesar 10 persen.

Tahun sebelumnya kata Hatta, pertumbuhan ekonomi lebih besar terjadi di sektor pengangkutan dan transportasi yang tumbuh 15 persen. Sementara, sektor manufaktur hanya tumbuh sekitar 2,1 persen. "Padahal sektor manufaktur adalah sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja," kata Hatta.

Hatta menambahkan, dengan serapan tenaga kerja yang besar, maka pertumbuhan industri manufaktur diharapkan bisa berdampak lebih riil kepada masyarakat. "Untuk itu, kita harus fokus dengan potensi yang kita miliki. Salah satu yang akan dilakukan adalah perubahan total kebijakan soal energi. Harus ada kebijakan yang mengutamakan energi untuk kepentingan industri nasional. Dalam seminggu ke depan kita akan putuskan produksi-produksi gas mana yang bisa dialokasikan untuk industri domestik," katanya.

BANDUNG - Industri manufaktur masih menjadi sektor potensial bagi pemerintah untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Pada tahun 2010 ini, pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News