Industri Rokok Bangkalan Bangkrut

Industri Rokok Bangkalan Bangkrut
Industri Rokok Bangkalan Bangkrut
BANGKALAN - Salah satu perusahaan rokok di Kab Bangkalan yaitu Perusahaan Rokok (PR) Sarana yang terletak di Desa Pangeleyan, Kec Tanah Merah tidak lagi beroperasi. Tidak ada aktivitas pembuatan rokok saat koran ini mendatangi lokasi. Salah satu pengelola PR Sarana mengungkapkan pihaknya istirahat beroperasi sejak dua tahun lalu.

Ali Makki, salah satu pengelola mengatakan, pihaknya istirahat beroperasi karena sedang melakukan pengadaan mesin. Sebelum istirahat beroperasi, pihaknya hanya menggunakan mesin linting tradisional yang menggunakan tenaga manusia. Saat dua tahun lalu memutuskan akan berganti mesin, pembuatan rokok sudah tidak lagi dilakukan.

Padahal, saat beroperasi PR Sarana yang memiliki sekitar 25 tenaga kerja tersebut setiap bulan dapat mengirimkan rokok ke luar daerah di Madura. Ali Makki mengatakan pihaknya akan kembali mengoperasikan PR Sarana dalam waktu dekat. Untuk mengadakan mesin linting, dia mengaku kekuarangan modal usaha. "Saya sudah perpanjang izinnya, dalam waktu dekat akan operasi lagi," ujarnya.

PR yang disampaikan berdiri sejak tahun 2000 tersebut mengaku pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Hanya, Ali menilai jumlahnya tidak terlalu besar. Pihaknya mengatakan sering didatangi pihak bea cukai dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangkalan yang melakukan pemantauan.

BANGKALAN - Salah satu perusahaan rokok di Kab Bangkalan yaitu Perusahaan Rokok (PR) Sarana yang terletak di Desa Pangeleyan, Kec Tanah Merah tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News