Industri Sepeda Kejar Sales 7,2 juta Unit

Industri Sepeda Kejar Sales 7,2 juta Unit
Industri Sepeda Kejar Sales 7,2 juta Unit
SURABAYA - Tren dan gaya hidup sehat rupanya efektif untuk menggenjot penjualan sepeda angin pada 2011. Konsolidasi data Asosiasi Industri Persepedaan Indonesia (AIPI) sepanjang 2011 menyebutkan, penjualan sepeda pada pasar nasional sebesar 6 juta unit. Pada 2012, AIPI memproyeksi penjualan sepeda akan meningkat secara moderat sebesar 20 persen, atau menjadi 7,2 juta unit.

"Namun yang patut menjadi perhatian, komposisi penjualan sepeda impor dan industri sepeda lokal masih fifty-fifty. Bahkan, saya prediksi pada 2012 ini, posisinya masih sama," tutur Ketua AIPI Prihadi seperti dilansir Jawa Pos edisi hari ini.

Oleh sebab itu, dia menerangkan, untuk menghadang penetrasi sepeda impor yang semakin kuat dari tahun ke tahun, pihaknya saat ini gencar melakukan sosialisasi terhadap sepeda bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Prihadi mengatakan, program SNI tersebut juga mengantisipasi adanya kualitas sepeda yang tidak terstandarisasi.

Apalagi, dia mencontohkan, sepeda impor yang masuk ke Indonesia mayoritas ada di segmen mddle low. "Jadi kualitasnya sangat dipertanyakan. Hubungannya ini adalah dengan tingkat penjaminan terhadap keselamatan penggunanya," tutur pria yang tergabung dalam Lembaga Sertifikasi Sepeda PT Turangga Tosan Indonesia tersebut.

SURABAYA - Tren dan gaya hidup sehat rupanya efektif untuk menggenjot penjualan sepeda angin pada 2011. Konsolidasi data Asosiasi Industri Persepedaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News