Industri Surat Kabar Kian Optimistis

Industri Surat Kabar Kian Optimistis
Industri Surat Kabar Kian Optimistis
JAKARTA - Industri surat kabar semakin optimistis. Ini karena perkembangan industri media cetak ini semakin prospektif. "Pendapatan dari iklan dan oplah sudah mengalami kenaikan signifikan sehingga tak ada lagi pesimisme di industri ini seperti pada 2008 lalu," kata Ketua Serikat Penerbitan Surat Kabar (SPS) Dahlan Iskan di sela Kongres SPS di Jakarta di Annex Building, Jl. MH. Thamrin, di Jakarta tadi malam (9/7).

Dahlan mengatakan secara bertahap pendapatan iklan dan oplah industri surat kabar secara average telah mengalami perbaikan. Pada 2009 pendapatan iklan naik 5 sekitar persen dibanding 2008. Sementara sampai kuartal I 2010 sudah ada kenaikan sekitar 10 persen di sektor ini dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Sementara untuk oplah walau pada 2009 walau masih ada penurunan sekitar lima persen, sampai triwulan I tahun ini oplah stabil. "Ternyata kekhawatiran yang luar biasa besar akan kemungkinan matinya industri Koran karena banyaknya media yang tutup pada 2008 bukan merupakan tren. Itu karena struktur media yang tutup itu tiak baik sehingga tak bisa bertahan dalam tantangan krisis global," jelasnya.

"Karena itu kami menggelar Pressmart Indonesia Print Media Award 2010 untuk kali pertama. Ajang penghargaan untuk desain terbaik media cetak agar semua media terus bisa semangat dalam berkarya," imbuhnya. Dia menambahkan untuk terus berkembang industri surat kabar juga harus kompak. Salah satunya bisa diwujudkan dengan kesediaan untuk mereka bergabung dalam satu portal bersama yakni, Bataviase.Com. 

JAKARTA - Industri surat kabar semakin optimistis. Ini karena perkembangan industri media cetak ini semakin prospektif. "Pendapatan dari iklan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News