Inflasi Akhir Tahun Di Bawah 5 Persen

Inflasi Akhir Tahun Di Bawah 5 Persen
Inflasi Akhir Tahun Di Bawah 5 Persen
JAKARTA - Inflasi hingga akhir tahun hampir dipastikan bisa di bawah 5 persen, atau jauh dari target dalam APBN Perubahan 2011 sebesar 5,65 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi September mencapai 0,27 persen. Sehingga, inflasi tahun kalender baru mencapai 2,97 persen dan inflasi year on year (yoy) masih terjaga di posisi 4,61 persen.

"Kalau bicara sampai akhir tahun, kita semakin optimistis masih di bawah 5 persen," kata Rusman di kantornya, Senin (3/10).

Rusman mengatakan, untuk sisa tiga bulan di tahun ini, yang perlu mendapatkan perhatian adalah inflasi Desember. Inflasi di pengujung tahun itu bakal dipicu belanja pemerintah. Biasanya, pemerintah mengejar target penyerapan anggaran di akhir tahun.

"Ini kemungkinan akan memicu inflasi pada Desember. Namun, kami melihat level inflasi nasional masih jauh di bawah target (ambang batas) yang ditentukan pemerintah," kata Rusman.

JAKARTA - Inflasi hingga akhir tahun hampir dipastikan bisa di bawah 5 persen, atau jauh dari target dalam APBN Perubahan 2011 sebesar 5,65 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News