Info dari Bu Menlu: Indonesia Terima Kiriman Jutaan Vaksin Lagi dari AS

Info dari Bu Menlu: Indonesia Terima Kiriman Jutaan Vaksin Lagi dari AS
Vaksin Moderna untuk Indonesia dari Amerika Serikat. Foto: Twitter/SecBlinken

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia kembali menerima kiriman vaksin Covid-19 dari luar negeri. Lebih dari 1,5 juta dosis vaksin jadi buatan Moderna dari Amerika Serikat (AS) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (15/7), sekitar pukul 15.30 WIB.

Vaksin tersebut merupakan hasil skema kerja sama multilateral Indonesia dengan AS melalui jalur COVID-19 Vaccines Global Access (COVAX).

"Hari ini, kami kembali menerima kedatangan vaksin jadi Moderna tahap kedua sebesar 1.500.100 dosis. Ini merupakan dukungan kerja sama Amerika Serikat," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers secara virtual.

Dengan demikian, Indonesia telah menerima 4.500.160 dosis vaksin jadi Moderna dari AS melalui fasilitas COVAX.

Selain itu, Indonesia juga akan kembali menerima vaksin jadi AstraZeneca sebanyak 1.162.840 dosis.

"Indonesia juga akan menerima pengiriman tahap kedua vaksin jadi AstraZeneca dukungan kerja sama dose sharing bilateral dari pemerintah Jepang," ucap Retno.

Adapun total vaksin dukungan dose sharing bilateral dari Pemerintah Jepang yang sudah diterima Indonesia ialah 2.161.240 dosis.

Retno menyebut keseluruhan vaksin yang diterima Indonesia itu merupakan bentuk komitmen dari upaya diplomasi secara menyeluruh dalam rangka mengamankan pasokan sekaligus kesetaraan akses di dunia.

Oleh karena itu, Retno menyampaikan apresiasi Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah AS dan Jepang yang telah bekerja sama dalam berbagi dosis vaksin Covid-19.

Indonesia kembali menerima kiriman vaksin Covid-19 buatan Moderna dari Amerika Serikat melalui jalur COVAX.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News