Inggrid Kansil: Dana PKH Kok Buat Bayar Utang?

Inggrid Kansil: Dana PKH Kok Buat Bayar Utang?
Inggrid Kansil: Dana PKH Kok Buat Bayar Utang?
JAKARTA - Inggrid Kansil, bintang iklan dan presenter cantik yang juga anggota Komisi VIII DPR RI, mengaku prihatin dengan penyaluran dana PKH (Program Keluarga Harapan). Dia menilai, penyaluran bantuan tunai bersyarat tersebut sudah tidak tepat sasaran, serta manfaatnya kurang bisa dirasakan oleh penerima.

"Saya banyak temukan di lapangan, ibu-ibu penerima PKH tidak memanfaatkan dananya untuk peningkatan ekonomi. Begitu uang diterima, justru dipakai untuk bayar utang," ujar legislator cantik yang juga istri Menteri Negara Koperasi dan UKM, Syariefuddin Hasan itu, dalam rapat dengar pendapat antara Komisi VIII dengan Sekjen Kemensos Ghozali Situmorang, Kamis (16/9).

Inggrid menyarankan agar Kemensos melakukan evaluasi terhadap mekanisme penyaluran dana PKH tersebut. Tujuannya, agar dana yang diterima bisa dipakai untuk usaha kecil-kecilan dan bukan konsumtif. "Kalau perlu, Kemensos mintai kuitansinya, biar penerima dana PKH tidak hanya fokus bayar utang saja," cetusnya.

Terhadap usulan ini, Ghozali mengaku bahwa pihaknya tidak bisa mengintervensi terlalu jauh akan penggunaan dana PKH. Alasannya, dana yang diberikan itu jumlahnya kecil saja, sehingga penerima PKH pun diberikan keleluasaan untuk penggunaannya.

JAKARTA - Inggrid Kansil, bintang iklan dan presenter cantik yang juga anggota Komisi VIII DPR RI, mengaku prihatin dengan penyaluran dana PKH (Program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News