Tekan Urbanisasi, Kesenjangan Desa-Kota Dikurangi

Tekan Urbanisasi, Kesenjangan Desa-Kota Dikurangi
Tekan Urbanisasi, Kesenjangan Desa-Kota Dikurangi
JAKARTA — Pemerintah mengakui bahwa urbanisasi penduduk menuju kota-kota besar di Indonesia terus terjadi bahkan dalam jumlah jutaan. Penyebabnya, karena masih adanya kesenjangan perekonomian antara masyarakat di desa dengan masyarakat di kota.

 

"Ya kita akui itu, tapi sebenarnya trend sudah menunjukkan penurunan. Kita sedang seriusi berbagai program agar kesenjangan itu bisa diminimalisir. Kita ingin membuat gula-gula baru tidak hanya di wilayah Jabodetabek saja," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di Jakarta, kamis (16/9).

 

Menurutnya, salah satu yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi kesenjangan desa-kota adalah dengan meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Dengan demikian, warga pedesaan yang hanya memiliki kemampuan terbatas tidak perlu lagi berbondong-bondong bekerja di kota besar.

"Kita sudah mulai dengan mendisain ulang perekonomian masyarakat kita. Sudah ada porsinya untuk melakukan perlindungan sosial guna mengurangi masyarakat kita yang tertinggal. Ini memang tidak mudah tapi akan terus kita lakukan," tegas Hatta.

 

JAKARTA — Pemerintah mengakui bahwa urbanisasi penduduk menuju kota-kota besar di Indonesia terus terjadi bahkan dalam jumlah jutaan. Penyebabnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News