Ingin Bawa KEIN jadi Pelopor Industri Seni Rupa

Ingin Bawa KEIN jadi Pelopor Industri Seni Rupa
Soetrisno Bachir. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir meyakini dunia seni rupa Tanah Air bisa berbicara di tingkat internasional. 

Caranya ujar mantan Ketua Umum PAN ini, harus memperbanyak ajang pameran.

"Tidak elok juga kalau seniman seni rupa ditantang untuk berkarya terus. Secara periodik teman-teman seniman ini harus menggelar pameran sebagai ajang mempertontonkan karyanya ke publik. Secara pribadi dan Ketua KEIN, saya memulai upaya tersebut," kata Soetrisno, di Jakarta Kamis (17/3).

Sebagai langkah awal, pria yang akrab disapa SB ini secara terencana membuka satu pameran lukisan bertema "The Spiritual Journey – Manusia, Sarana, Suasana Indonesia Tempo Dulu" karya pelukis Sohieb Toyaroja di Kunstkring Art Gallery, Menteng, Selasa (15/3) lalu.

"Saya ingin KEIN menjadi pelopor dan fasilitator industri senirupa Indonesia untuk berbicara di tingkat internasional. Karena alasan itu pula lukisan saudara Sohieb dipamerkan dalam waktu cukup lama yakni dari 16 Maret hingga 14 April 2016," tegasnya.

Menurut SB, untuk kemajuan dunia seni rupa tanah air peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk mendorong karya anak bangsa ke forum internasional. "Kerja kreatif biar jadi urusan seniman, pemerintah ambil posisi sebagai fasilitator," pungkasnya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News