Ingin Ciptakan Robot Penyelam dan Robot Untuk Penyandang Cacat

Ingin Ciptakan Robot Penyelam dan Robot Untuk Penyandang Cacat
Ingin Ciptakan Robot Penyelam dan Robot Untuk Penyandang Cacat
DALAM kompetisi RoboGames 2010 di San Mateo County Event Center, Amerika Serikat pada 24-25 April lalu, robot Indonesia dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung berhasil meraih medali emas. Namun siapa sangka, pencipta robot cerdas bernama DU114-V10 itu adalah putra asli Anambas, Rodi Hartono. Siapa dia?

ARMAN, Anambas

BEGITU sirene tanda ada kebakaran berbunyi, robot DU114-V10 langsung bergerak. Layaknya brigade pasukan pemadam kebakaran, robot karya Rodi Hartono ini langsung mencari sumber api.

Robot berukuran 70 x 60 cm ini langsung berputar di arena pertandingan seluas 2,5 x 2,5 meter. Setelah menggeledah empat bilik di arena itu, robot cerdas itu kahirnya menemukan beberapa sumber panas. Dan ia langsung menyemburkan air untuk memadamkan api-api itu. Robot inipun mampu menyelesaikan tugasnya dengan waktu paling cepat di antara kontestan lainnya dan berhasil menggondol medali emas untuk Indonesia.

DALAM kompetisi RoboGames 2010 di San Mateo County Event Center, Amerika Serikat pada 24-25 April lalu, robot Indonesia dari Universitas Komputer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News