JPNN.com

Ingin Lebih Sehat? Lakukan Hal Mudah ini

Minggu, 27 Mei 2018 – 20:21 WIB Ingin Lebih Sehat? Lakukan Hal Mudah ini - JPNN.com

jpnn.com - Menciptakan hidup yang lebih sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain menjaga pola asupan yang tepat, Anda juga harus menyesuaikan waktu makan dengan jam tubuh.

Bahkan, beberapa ilmuwan percaya bahwa makan tepat waktu juga sama pentingnya dengan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Nah, jika Anda sering menunda makan siang karena sibuk dengan pekerjaan, atau melewatkan sarapan dengan alasan bangun kesiangan, mungkin Anda perlu berpikir ulang.

Dilansir BBC, sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang sedang diet lebih mungkin menurunkan berat badan saat makan siang tepat waktu. Sementara itu, fakta lainnya menghubungkan telat sarapan dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi.

“Ada pepatah tua yang mengatakan bahwa sarapanlah seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang miskin, dan saya pikir ada beberapa kebenaran dalam hal itu," kata Dr. Gerda Pot, dosen tamu dalam ilmu gizi di King's College London.

Saat ini, para peneliti tengah mencoba untuk mencari tahu lebih banyak tentang hubungannya antara waktu makan dan jam tubuh Anda.

Lalu apa kaitan antara waktu makan dan jam tubuh?

Berdasarkan studi, sel dalam tubuh Anda memiliki jam operasionalnya masing-masing. Jam tersebut membantu Anda selalu prima untuk tugas sehari-hari, seperti bangun pagi, untuk mengatur tekanan darah, suhu tubuh, dan tingkat hormon.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...