Ingin Ubah Wajah Parlemen, Brigjen Awang Jadi Caleg PSI

Ingin Ubah Wajah Parlemen, Brigjen Awang Jadi Caleg PSI
Brigjen Pol (Purn) Awang Anwarudin, Ketum PSI Grace Natalie dan mantan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di kantor DPP PSI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol (Purn) Awang Anwarudin terdaftar sebagai calon anggota legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia akan bertarung di daerah pemilihan Jabar XI pada pemilu legislatif mendatang.

Meski sebagian besar hidupnya dihabiskan sebagai anggota Polri, Brigjen Awang tetap menaruh perhatian besar terhadap isu-isu politik dan pemerintahan. Karena itu, dia kini memutuskan terjun ke kancah politik dengan misi mengubah wajah DPR.

“Selama 32 tahun mengabdi di Polri, saya ikut memonitor dan mengamati situasi politik tanah air. Sedikit-banyak saya tahu persis perilaku para elite parpol di DPR yang memperkaya diri sendiri melalui korupsi, sementara kinerjanya di bidang legislasi, pengawasan dan anggaran buruk. Inilah yang membulatkan tekad saya untuk terjun ke politik,” ujar Brigjen Awang di markas PSI, Selasa (14/8).

Menurut dia, kualitas anggota dewan sangat krusial bagi kemajuan bangsa. Masyarakat tidak bisa sejahtera dan negara sulit maju, jika kelakuan anggota dewannya tidak bermoral.

Prinsip tersebut juga mendasari keputusannya memilih PSI sebagai kendaraan politik. Brigjen Awang melihat ada warna yang berbeda dengan partai politik lain.

“Bagi saya PSI punya warna yang berbeda dari parpol lain. Partai ini memiliki pengurus anak muda yang muda, cerdas, berani, idealis dan konsisten. Saya percaya PSI akan menjadi motor perubahan wajah politik Indonesia, khususnya di parlemen,” ungkap mantan Wakapolda Jateng ini.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PSI Grace Natalie mengaku gembira dengan bergabungnya Awang. Pengalaman panjang Awang sebagai anggota kepolisian akan sangat berguna di parlemen kelak.

“Sementara, tekadnya untuk memperbaiki DPR, sangat sejalan dengan semangat PSI sebagai partai,” kata Grace.

Mantan Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol (Purn) Awang Anwarudin terdaftar sebagai calon anggota legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News