Ini 5 Minuman Sehat Pengganti Kopi

Ini 5 Minuman Sehat Pengganti Kopi
Kopi. (Foto: Pixabay/Jpnn)

jpnn.com - Apakah Anda pecinta kopi? Minuman berkafein itu memang menjadi favorit banyak orang. Sayangnya, tak sedikit yang terhalang untuk menikmatinya lantaran berbagai alasan, salah satunya adanya gangguan asam lambung.

Tenang, Anda tidak perlu berkecil hati. Ada banyak minuman sehat lain yang bisa dijadikan sebagai pengganti kopi. Apa saja minuman yang dimaksud?

1. Jus sayuran

Jus sayuran adalah salah satu alternatif minuman sehat yang dapat Anda pilih untuk menjaga kesehatan tubuh. Jus ini tidak hanya lezat, namun kaya manfaat. Sebab, selain kalori yang rendah, jus sayuran juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

2. Jus buah

Kalori jus buah umumnya lebih tinggi daripada jus sayur. Kendati begitu, jus buah tetap merupakan pilihan yang sehat untuk menggantikan kopi. Sebab, jus buah kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan Anda. Tentu saja, yang dimaksud di sini adalah jus buah yang tidak ditambahkan gula atau kental manis.

Anda pun perlu berhati-hati dan jangan terkecoh dengan minuman instan dengan label 'sari buah'. Minuman dengan label tersebut umumnya mengandung air dan beberapa jenis gula dengan kadar sukrosa tinggi (sirup jagung). Jadi, sari buah bukannya bermanfaat, namun justru menambah berat badan.

Maka itu, akan lebih baik bila Anda menyiapkan jus sendiri. Terdapat beberapa pilihan jus yang sehat, misalnya jus jeruk yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, atau jus blueberry yang bisa menjaga otak tetap sehat dan melindungi penyakit degeneratif seperti demensia atau Alzheimer.

Tak perlu khawatir, ada banyak minuman sehat lainnya yang bisa dijadikan sebagai pengganti kopi.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News