Ini Alasan Banyak Orang Enggan Periksa ke Dokter Kulit

Ini Alasan Banyak Orang Enggan Periksa ke Dokter Kulit
Ilustrasi kulit wajah. Foto: sukalive

jpnn.com - Mengunjungi dan berobat ke dokter kulit ternyata tak mudah bagi sebagian orang. Meski rasa gatal sudah tak masuk akal dan permukaan kulit sudah berubah total, tetap saja ada yang enggan untuk meminta bantuan kepada dokter spesialis kulit! 

Lantas, apa penyebab orang enggan periksa ke dokter kulit? Apakah karena faktor biaya atau yang lain?

Kata dokter soal orang yang enggan periksa ke dokter kulit

Menanggapi pertanyaan di atas, begini penjelasan dr. Sepriani Timurtini Limbong. Menurutnya, kondisi orang tak mau berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin merupakan masalah klasik. Bahkan, para dokter sudah memahami permasalahan tersebut.

“Ya, secara umum, memang orang dengan kondisi kelainan kulit, khususnya infeksi menular seksual, agak enggan ke dokter. Banyak pasien yang justru mencoba mencari alternatif pengobatan atau tanya ke apotek langsung obatnya apa. Apalagi kalau misalkan area yang bermasalah itu di area kelamin, mereka menganggap itu sebagai privasi dan cenderung enggan untuk disclose,” jelasnya. 

Dokter Sepriani menambahkan, “Mencari alternatif di sini maksudnya adalah mereka selalu mencari bahan-bahan alami dulu dan lihat-lihat referensi di internet yang kadang belum jelas efektivitas serta risikonya.”

Dikhawatirkan, kalau mereka mendapatkannya dari sumber yang tidak tepercaya, itu justru memperparah penyakit kulit yang dialami.

Mencari cara dan jawaban di internet memang merupakan solusi cepat dan murah meriah ketimbang periksa ke dokter kulit.

Pemeriksaan oleh dokter kulit sebaiknya dilakukan, apalagi jika kondisinya tidak bertambah baik atau bahkan sudah semakin parah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News