Ini Alasan Mengapa Anda tak Perlu Minum Pil Tidur Tiap Malam

Ini Alasan Mengapa Anda tak Perlu Minum Pil Tidur Tiap Malam
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Puluhan jutaan orang Amerika berjuang untuk bisa tidur malam hari dan banyak dari mereka beralih ke pil tidur untuk mendapatkan bantuan. 

Resep dan alat bantu tidur over-the-counter sangat populer di kalangan orang dewasa. 

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Geriatric Psychiatry menemukan bahwa kira-kira satu dari tiga orang dewasa berusia 65 tahun hingga 80 tahun menggunakan obat-obatan ini setidaknya sesekali untuk membantu mereka tertidur dan obat-obatan OTC seperti Benadryl dan Tylenol PM adalah pil pilihan untuk lansia yang tidak bisa tidur.

Para ahli mengatakan hal ini memprihatinkan karena sejumlah alasan. Penelitian telah mengaitkan penggunaan obat tidur OTC reguler dan jangka panjang untuk beberapa efek samping yang serius.

"Banyak alat bantu tidur OTC — seperti Benadryl dan Tylenol PM — mengandung diphenhydramine," kata Dr. Donovan Maust, penulis penelitian terbaru dan asisten profesor psikiatri di Michigan Medicine, seperti dilansir laman MSN, Kamis (27/12).

Diphenhydramine adalah obat antikolinergik, yang berarti memblokir aktivitas kimia otak yang disebut asetilkolin, yang memainkan peran dalam aktivasi otot dan juga dalam fungsi otak seperti kewaspadaan, belajar dan memori.

Sebagai akibat dari efek pemblokiran ini, obat OTC bisa menyebabkan sembelit, kebingungan dan efek samping lainnya, lebih mungkin memengaruhi orang dewasa yang lebih tua. 

Untuk alasan ini, American Geriatric Society telah menganggap obat-obatan ini "umumnya tidak pantas" untuk para manula.

Penelitian telah mengaitkan penggunaan obat tidur OTC reguler dan jangka panjang untuk beberapa efek samping yang serius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News