Ini Beberapa Program Sosial untuk Masyarakat di Tengah Pandemi Corona

Ini Beberapa Program Sosial untuk Masyarakat di Tengah Pandemi Corona
Menteri Sosial Juliari P Batubara di rumah dinas Mensos di Jakarta, Rabu (25/12/2019). Foto: ANTARA/Desi Purnamawati

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara membeberkan peran Kementerian Sosial dalam upaya penanggulangan pandemi virus corona. Dia menjelaskan pertama ialah melakukan perluasan Program Sembako dari 15,2 juta menjadi 20 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan indeks Rp 200 ribu.

“Ini sudah kami jalankan per Bulan Maret, indeksnya. Mulai Bulan April ini perluasan dari 15,2 juga menjadi 20 juta KPM akan kami jalankan. Jadi, ada peningkatan 4,8 juta KPM,” kata Juliari saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR secara virtual, Selasa (7/4).

Selain itu, kata dia, ada peningkatan penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi 10 juta KPM. Menurut dia, biasanya dana itu dicairkan per tiga bulan akan menjadi tiap bulan.

Juliari menyatakan ada pula penugasan khusus yang belum ada anggarannya di daftar isian perencanaan anggaran (DIPA) Kemensos.

“Yaitu, pertama, penugasan khusus dari presiden untuk bansos sembako di Jabodetabek di luar program sembako yang rutin atau reguler yang sudah kami jalankan,” katanya.

Juliari menambahkan, dalam rapat terbatas (ratas) pagi tadi ia mengusulkan agar di luar yang mendapatkan Program Sembako, PKH, dan bansos khusus Jabodetabek, diberikan bantuan langsung tunai (BLT).

“Tadi rapat pagi sudah diputuskan bahwa presiden sudah menyetujui adanya BLT untuk semua keluarga yang ada di dalam DTKS, yang kurang lebih ada sembilan juta keluarga untuk diberikan BLT selama tiga bulan dengan besaran tiap bulan per keluarga Rp 600 ribu,” katanya.

Juliari melanjutkan, ada pula program khusus yang dijalankan dengan menggunakan anggaran yang sudah direalokasi. “Contohnya besok, kami sudah akan mulai menurunkan paket sembako sebanyak 200 ribu sampai 250 ribu paket untuk wilayah DKI Jakarta, besaran per paketnya Rp 200 ribu,” ujar dia.

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara membeber peran Kementerian Sosial dalam upaya penanggulangan pandemi virus corona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News