Ini Bukti Kubu Jokowi dan Prabowo Sudah Saling Serang

Ini Bukti Kubu Jokowi dan Prabowo Sudah Saling Serang
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menjadi rivalnya pada Pilpres 2014. Foto: Biro Pers Kepresidenan Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menduga saling serang antara kubu Joko Widodo dan Prabowo Subianto telah terjadi.

Kesimpulan mengemuka melihat maraknya isu akhir-akhir ini. Mulai dari terungkapnya jaringan Saracen, bantuan untuk etnis Rohingya di Myanmar, pelemahan KPK, dan pro kontra pemutaran film G 30S PKI.

"Saya kira iya (saling serang lewat isu,red) sebab untuk saat ini baru sosok Jokowi dan Prabowo yang disonding jadi calon presiden 2019. Sebagai awal tahun politik bisa saja perang politik sudah dimulai untuk saling menjatuhkan," ujar Ramses kepada JPNN, Jumat (22/9).

Saat ditanya apakah ada kemungkinan saling serang tersebut justru menguntungkan pihak lain di luar Jokowi dan Prabowo, pengajar di Universitas Mercu Buana ini mengamini.

"Saya kira dalam pergerakan politik di manapun selalu ada pihak yang diuntungkan," ucap Maksimus.

Sayangnya, Direktur Lembaga Analisis Politik Indonesia (LAPI) ini belum menyebut siapa pihak lain yang mungkin diuntungkan. Mengingat proses politik jelang Pemilu 2019 masih cukup panjang.

"Pihak-pihak itu tentu masih sulit untuk identifikasi. Tapi setidaknya ada pihak yang mengambil keuntungan dalam situsi seperti itu, khususnya para pelaku politik praktis. Saya kira teman-teman bisa membaca," pungkas Ramses.(gir/jpnn)


Sejumlah isu hangat yang muncul belakangan ini diyakini sebagai indikasi bahwa kubu Jokowi dan Prabowo sudah saling menyerang


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News