Ini Cara Organisasi Pendiri Golkar Bantu Jokowi Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Ini Cara Organisasi Pendiri Golkar Bantu Jokowi Wujudkan Kemandirian Ekonomi
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI, Ade Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI, Ade Komarudin mengungkapkan bahwa organisasi yang dipimpinnya tengah mengusung dua agenda prioritas. Agenda prioritas pertama adalah mengakhiri konflik internal Golkar. Sedangkan yang kedua adalah memperkuat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Ade,  sudah dua tahun ini Golkar tak produktif karena disibukkan oleh konflik internal. “Adanya dua kubu (Agung Laksono dan Aburizal Bakrie) di tubuh Golkar harus disatukan kembali,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) V SOKSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Bantul, Sabtu (10/10).

Sebagaimana dikutip dari siaran pers Depinas SOKSI, Ade mengatakan konflik dua kubu di Golkar itu membuat partai berlambang beringin hitam tersebut kedodoran menghadapi pilkada serentak tahun ini. “Dampaknya, kita menjadi tidak begitu siap,” ujar ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI itu.

Sedangkan agenda penting yang kedua adalah mengabdi untuk rakyat melalui penguatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurut Ade, penguatan UMKM itu sejalan dengan visi Nawacita Presiden Joko Widodo tentang kemandirian ekonomi.

“Menguatkan usaha mikro kecil dan menengah merupakan  kunci mewujudkan kemandirian ekonomi sebagaimana visi Nawacita pemerintahan Jokowi-JK,” katanya.

Dalam kesempatan sama, fungsionaris SOKSI, Mukhamad Misbakhun mengatakan, para pelaku UMKM harus dilindungi dari gempuran liberalisasi ekonomi. Sebab, UMKM terbukti efektif dalam menciptakan lapangan kerja.

Selain itu, pelaku UMKM justru mampu menjaga kepercayaan ketika mendapat fasilitas pendanaan dari perbankan. “Buktinya tingkat pengembalian pinjaman UMKM justru lebih baik daripada korporasi-korporasi besar maupun konglomerasi,” ujar ketua bidang UMKM di Depinas SOKSI itu.

Misbakhun menambahkan, SOKSI bertekad mengembalikan UMKM sebagai kunci kemandirian ekonomi. Upaya yang ditempuh SOKSI adalah dengan pendampingan UMKM dan penyediaan akses informasi.

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI, Ade Komarudin mengungkapkan bahwa organisasi yang dipimpinnya tengah mengusung dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News