Ini Cara Paling Praktis Mencari Tahu Rekam Jejak Caleg Secara Online

Ini Cara Paling Praktis Mencari Tahu Rekam Jejak Caleg Secara Online
Pekerja memasukkan logistik pemilu ke truk boks yang disewa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, untuk selanjutnya logistik itu didistribusikan ke gudang PPK di wilayah selatan Cianjur, Senin (5/2/2024). ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 43,2 persen Caleg DPR RI tidak mengisi informasi program kerjanya di laman infopemilu.kpu.go.id.

Minimnya informasi tentang program kerja ini juga terlihat pada Caleg di tingkat DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Terlebih lagi, sekitar 18.5 persen dari 258.000 lebih Caleg ini tidak bersedia mempublikasikan profilnya.

Berarti hampir 1 dari 5 Caleg bahkan tidak mau dikenal oleh calon pemilihnya.

Sementara itu, ketersediaan informasi mengenai para Caleg yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat masih sangat terbatas.

Informasi yang minim pada baliho di sepanjang jalan tidak mencukupi untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai rekam jejak Caleg.

Untuk menjembatani kekosongan informasi penting ini, dibuatlah suatu platform digital independen, nirlaba, nonpartisan dan imparsial bernama pilihyangbener.id.

Salah satu inisiator pilihyangbener.id Welly Chan menyatakan hingga saat ini, informasi Caleg yang tersedia di luar sana masih minim.

Sebanyak 43,2 persen Caleg DPR RI tidak mengisi informasi program kerjanya di laman infopemilu.kpu.go.id.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News