Ini Daftar Kepala Daerah Paling Berpotensi Jadi Capres

Ini Daftar Kepala Daerah Paling Berpotensi Jadi Capres
Ini Daftar Kepala Daerah Paling Berpotensi Jadi Capres
JAKARTA--Sejumlah kepala daerah yang sedang duduk atau berstatus mantan layak dikedepankan sebagai calon presiden/wakil presiden alternatif. Berdasar survei yang disusun Pol Tracking Institute, 10 kepala daerah dimunculkan sebagai kandidat alternatif karena dinilai memiliki prestasi dalam mengembangkan daerahnya.

Dari 10 kandidat kepala daerah yang diajukan, nama gubernur DKI Jakarta yang juga mantan Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani menjadi dua figur yang memenuhi seluruh aspek ideal kandidat alternatif. Survei itu melibatkan 100 opinion leaders, di antaranya dari akademisi, pakar daerah, politisi senior, tokoh muda, tokoh media, pimpinan LSM, tokoh budaya, dan konsultan politik.

"Jokowi meraih skor teratas dengan 82,54 poin, disusul Tri Rismaharani dengan 76,33 poin," ujar Hanta Yuda A.R., direktur eksekutif Pol Tracking Institute, di Hotel Morrissey, Jakarta, Minggu (5/5).

Survei yang digelar pada Januari-April 2013 itu mengambil 10 penilaian aspek terhadap sejumlah kepala daerah yang berstatus incumbent ataupun yang tidak lagi menjabat. Jokowi dan Risma berada di dua teratas dari 10 penilaian aspek itu. Di antaranya komunikasi publik, keberanian mengambil keputusan, intelektual dan gagasan, visi dan program, pengalaman dan prestasi memimpin, leadership skills, integritas, penerimaan publik, dan penerimaan partai.

JAKARTA--Sejumlah kepala daerah yang sedang duduk atau berstatus mantan layak dikedepankan sebagai calon presiden/wakil presiden alternatif. Berdasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News