Ini Dia Gejala Awal Kanker Paru

Ini Dia Gejala Awal Kanker Paru
ILUSTRASI. FOTO: Lungcancer

jpnn.com - Kanker paru-paru adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. Jika tidak segera diobati, pertumbuhan sel ini bisa menyebar ke luar paru-paru, menyerang jaringan di sekitarnya, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker paru-paru biasanya diderita oleh para perokok dan menjadi penyebab hampir 1.370.000 kematian setiap tahun di seluruh dunia.

Kita tahu bahwa tingkat kelangsungan hidup dari kanker paru-paru lebih baik jika ditangani secara dini.

Perlu diingat bahwa memahami gejala awal kanker paru-paru adalah penting untuk non-perokok serta perokok. Saat ini, 50 persen dari orang yang mengembangkan kanker paru-paru adalah mantan perokok dan 15 persen tidak pernah merokok. Kanker paru-paru juga bisa menyerang orang dewasa muda.

Berikut ini beberapa penyebab dan gejala yang dapat memicu penyakit kanker paru-paru, seperti dilansir laman Lungcancer, Minggu (15/11).

1. Batuk yang tidak pernah berhenti

Banyak orang mengabaikan batuk kronis. Mereka sering beranggapan bahwa batuk yang tidak pernah berhenti adalah alergi, sebuah sisa batuk setelah udara dingin atau batuk kering selama musim dingin.

Tapi batuk yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menjadi tanda sesuatu yang lain. Batuk kronis bisa jadi merupakan gejala awal dari kanker paru-paru. Batuk darah (hemoptisis) adalah gejala umum dari kanker paru-paru. Jika Anda mengalami batuk terus-menerus, lebih baik Anda segera mengunjungi dokter Anda dan meminta pendapat kedua jika Anda tidak mendapatkan jawaban yang jelas.

Kanker paru-paru adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. Jika tidak segera diobati,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News