Ini Efek Samping dari Diet Vegan

Ini Efek Samping dari Diet Vegan
Diet. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Diet vegan merupakan pola makan yang hanya mengonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, dan sejenisnya. Para pegiat metode diet tersebut benar-benar menghindari segala asupan yang berasal dari hewan, termasuk madu, telur, dan produk susu.

Menu yang dikonsumsi oleh pegiat diet vegan memberikan pasokan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Namun, keuntungan diet vegan tak datang sendirian. Metode diet ini juga turut memberikan beberapa efek samping yang merugikan bagi tubuh, seperti:

Proses penyembuhan luka lebih lambat

Menghindari asupan hewani seperti daging dan telur membuat tubuh kekurangan protein. Jika keadaan ini tidak disiasati dengan baik, proses penyembuhan luka akan berlangsung lebih lama. Selain itu, kulit pun akan tampak kusam, dan kekuatan otot akan berkurang.

Kekurangan vitamin B12

Metode diet vegan membuat pelakunya berisiko kekurangan vitamin B12. Pasalnya, vitamin ini merupakan nutrisi yang secara alami didapat dari sumber hewani?seperti daging, ikan, telur, ayam dan produk olahan susu.

Adapun beberapa keluhan yang akan terjadi saat tubuh kekurangan vitamin B12, misalnya badan lemas dan terasa lelah, tubuh seperti ditusuk-tusuk, keseimbangan menurun, penglihatan kabur, dan kulit pucat.

Para pegiat metode diet tersebut benar-benar menghindari segala asupan yang berasal dari hewan, termasuk madu, telur, dan produk susu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News