Ini Gejala yang Dirasakan Setelah Divaksin Covid-19, Jangan Panik

Ini Gejala yang Dirasakan Setelah Divaksin Covid-19, Jangan Panik
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan tanda suntik vaksin. Foto: ANTARA/M Agung Rajasa

jpnn.com, JAKARTA - Bio Farma terus melakukan pemantauan terhadap efek samping atau kejadian ikutan pascapemberian vaksin COVID-19.

"Tidak ada satu obat pun yang sempurna sehingga pasti ada efek samping. Kami dalam uji klinis (vaksin COVID-19) akan memonitoring kejadian ikutan pascaimunisasi," ujar Manajer Integrasi Proyek Riset dan Pengembangan Bio Farma Neni Nurainy.

Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara dalam sesi webinar Refleksi Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin, bertema Indonesia Siap Vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan tim Jubir Presiden RI secara virtual di Jakarta, Senin (26/10).

Dia mengatakan apa pun kejadian ikutannya setelah vaksinasi, ada formulir yang harus diisi para sukarelawan vaksin. Data tersebut dikumpulkan dan akan dianalisis.

"Jadi setelah 48 jam setelah vaksinasi akan dilihat reaksi lokal dan sistemnya kemudian selama 6 bulan tetap dipantau," jelasnya.

Dia mengatakan terkait vaksin COVID-19 Sinovac, berdasarkan penelitian terhadap fase 1, fase 2 dan beberapa laporan dari fase 3, didapati bahwa gejala umum yang muncul adalah rasa sakit di tempat injeksi dan ada juga yang merasakan gejala demam dan pusing namun sangat sedikit.

Dia mengatakan pemantauan akan terus dilakukan terkait kejadian ikutan pasca-vaksinasi, dan akan diberikan informasinya kepada masyarakat. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Bio Farma terus melakukan pemantauan terhadap efek samping pascapemberian vaksin Covid-19.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News