Ini Informasi Penting untuk Para Pencari Kerja

Ini Informasi Penting untuk Para Pencari Kerja
Ilustrasi job fair. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri meresmikan aplikasi Join Kandidat, di Jakarta, kemarin (10/5).

Dalam aplikasi ini, para pencari kerja tinggal mendaftarkan diri pada 2.000 jenis jabatan dan profesi. Sistem akan secara otomatis menghubungkan dengan perusahaan yang membutuhkan.

Ditemani Pakar Marketing Hermawan Kertajaya, Kepala Badan ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, serta para personel grup band Slank.

CEO sekaligus founder PT Join Kandidat Adistya menjelaskan bahwa setelah ini para pemilik perusahaan tidak akan kesulitan lagi untuk menemukan tenaga kerja yang cocok untuk mengisi posisi yang kosong.

Para pengusaha tinggal download dan login di aplikasi yang tersedia di layanan Google PlayStore. Mengisi permintaan kebutuhan spesifikasi pekerja yang dibutuhkan.

Sistem akan langsung menampilkan daftar pilihan kandidat pekerja yang tersedia. “Jadi tidak perlu keluar biaya untuk melakukan pasang iklan atau rekrutmen,” kata Adis, panggilan akrab Adistya.

Jika cocok, pemberi kerja bisa langsung melayangkan panggilan untuk wawancara kepada yang bersangkutan dengan tempat dan waktu yang dikehendaki.

Bagi para pekerja di seluruh indonesia, bisa mendaftarkan diri ke aplikasi Join Kandidat ini. Dengan menyertakan data diri , formasi kerja yang diinginkan, serta kemampuan datau skill yang dimiliki. “Tidak terbatas, mau lulusan SMA, Sarjana, atau tidak sekolah bisa mendaftar,” kata Adis.

Adis menjamin, para pelamar akan mendapatkan akses ke 2.500 lebih profesi yang terdaftar dalam Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KJBI).

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri meresmikan aplikasi Join Kandidat, di Jakarta, kemarin (10/5). Dalam aplikasi ini, para pencari kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News