Ini Jaminan Mensos ke Keluarga Korban KM Sinar Bangun

Ini Jaminan Mensos ke Keluarga Korban KM Sinar Bangun
Mensos Idrus Marham. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, SIMALUNGUN - Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Pelabuhan Fery Tiga Ras, Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (24/6).

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan rasa duka yang mendalam dan kehadiran saya kali ini sekaligus menyampaikan pernyataan dukacita Presiden Joko Widodo. Beliau menitipkan salam dan dapat memahami perasaan yang bapak ibu alami," ucap Idrus kepada keluarga korban.

Pada kesempatan itu Mensos menyampaikan beberapa hal penting yang dipesankan presiden. Pertama, pemerintah berusaha secara maksimal menemukan korban. Sebagai bukti adalah penambahan peralatan pendukung penyelamatan.

"Panglima TNI, Kapolri, Menteri Perhubungan dan Kepala Basarnas sudah berusaha dan sekarang sudah mendatangkan peralatan yang bisa menjangkau 2.000 meter. Kalau kita punya keyakinan kapal itu ketemu pasti orang-orang yang ikut di kapal itu juga kita ketemukan apa pun kondisinya," kata Idrus.

Kedua, Presiden juga meminta kepada Mensos dan jajaran agar mengurus keluarga korban. Untuk itu Kemensos yang dalam klaster penanganan kebencanaan bertugas di bidang logistik, maka dalam musibah ini Kemensos mendirikan Dapur Umum Lapangan.

Ketiga, lanjutnya, Presiden Jokowi melalui Kemensos turut membantu meringankan beban keluarga para korban. Untuk korban yang belum ditemukan akan menunggu hasil pencarian yang dilakukan oleh Tim Rescue.

"Jika mereka tidak ditemukan, Kemensos akan menyiapkan santunan ahli waris setelah ada rekomendasi dari bupati yang menjelaskan identitas keluarga korban meninggal," katanya,

Keempat, penataan pengelolaan Danau Toba. Sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara, infrastruktur telah ditata serius sesuai arahan presiden. Kemenhub telah mengembangkan bandara, kapal laut, dan dermaga guna mendukung pariwisata Danau Toba.

Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Pelabuhan Fery Tiga Ras, Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (24/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News