JPNN.com

Ini Kabar Gembira Bagi Calon Jemaah Haji Asal Jawa Barat

Selasa, 07 Januari 2020 – 14:04 WIB
Ini Kabar Gembira Bagi Calon Jemaah Haji Asal Jawa Barat - JPNN.com
Bandara Kertajati diusulkan ganti nama jadi BJ Habibie. Foto: Radar Cirebon

jpnn.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi calon jemaah haji asal Jawa Barat yang akan berangkat tahun ini. Hari ini, Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati, Majalengka sebagai embarkasi/debarkasi Haji.

Dengan penetapan tersebut, jemaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini akan terbang melalui BIJB Kertajati. Demikian juga saat pulang dari Saudi, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

"Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi," kata Menteri Agama Fachrul Razi saat menyerahkan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan BIJB sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Jakarta, Senin (7/1).

Fachrul berharap, kehadiran embarkasi/debarkasi Haji BIJB Kertajati ini menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat.

"Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jemaah bisa langsung pulang," ujarnya.

Fachrul menambahkan, sudah bicara dengan Saudi. GACA (Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi) juga sudah setuju Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fajar