Ini Kata Puan Soal Upaya Pemerintah Menangani Wabah Corona

Ini Kata Puan Soal Upaya Pemerintah Menangani Wabah Corona
Ketua DPR Puan Maharani saat konferensi pers bersama sejumlah menteri, usai menerima draft RUU Cipta Kerja, di Kompleks Parlemen, Rabu (12/2). Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah mempercepat penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Puan mengatakan, DPR mengapresiasi tindakan proaktif yang jelas dan nyata dari masyarakat.

Mulai dari kampanye rajin mencuci tangan, saling memotivasi untuk melakukan social distancing, serta memberi semangat antar-elemen bangsa dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurut Puan, inilah karakter asli masyarakat Indonesia, bergotong royong menghadapi masalah sekaligus modal sosial untuk mengatasi persoalan wabah ini.

"Modal sosial itu jangan disia-siakan. Jangan sampai kita kehilangan momentum untuk mengatasi wabah ini. Karena itu DPR meminta pemerintah mempercepat upaya-upaya penanggulangan virus corona," kata Puan, di Jakarta, Kamis (19/3).

Puan mengapresiasi langkah pemerintah yang telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Namun di lapangan, kata dia, upaya percepatan penanganan belum terlihat nyata.

"Sekarang saatnya melompat lebih jauh, lebih cepat, karena kita berlomba dengan deret ukur penyebaran virus corona," ujarnya.

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu menegaskan negara harus betul-betul dirasakan kehadirannya oleh masyarakat dalam memimpin penanggulangan virus corona yang ditunjukan dengan memperluas pelayanan pemeriksaan di area publik seperti pasar, stasiun dan terminal.

"Pemerintah hendaknya mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait Corona seperti peta sebaran kasus dan informasi layanan kesehatan," kata Puan.

Puan Maharani menilai penangan percepatan wabah corona yang dilakukan pemerintah belum terlihat nyata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News