Ini Langkah Batlibang Kemenhub Agar Bandara Kertajati Ramai

Ini Langkah Batlibang Kemenhub Agar Bandara Kertajati Ramai
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, MAJALENGKA - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub) terus berupaya agar penumpang di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka ramai.

Kepala Balitbang Kemenhub Sugiharjo menyatakan, ada beberapa hal yang menjadi fokus pihaknya agar BIJB ramai didatangi penumpang maupun maskapai penerbangan.

"Aksesibilitas darat dari dan ke Bandara Kertajati memang perlu dioptimalisasi sambil terus berkoordinasi dengan Pemda untuk pengembangan pariwisata di sana," kata Sugiharjo beberapa hari lalu.

Menurut Sugiharjo, akses darat dari dan ke BIJB yang saat ini paling utama dioptimalisasi adalah kereta api dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Terkait kereta bandara menuju BIJB, Sugiharjo menyatakan bahwa hal tersebut tengah disiapkan rencananya oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian.

Sedangkan Tol Cisumdawu saat ini progresnya masih terus dikebut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain itu yang saat ini juga tengah diteliti dan dikembangkan adalah keberadaan angkutan pemandu moda transportasi seperti DAMRI dan transportasi umum lainnya.(chi/jpnn)


Aksesibilitas darat dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati harus dioptimalisasi.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News