JPNN.com

Ini Laporan Luhut kepada Jokowi soal Pemudik Tahun Ini

Senin, 06 April 2020 – 19:02 WIB Ini Laporan Luhut kepada Jokowi soal Pemudik Tahun Ini - JPNN.com
Mudik gratis yang diselenggarakan oleh PT Pelindo III. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo mengatakan bahwa Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo ihwal posisi para pemudik pada 2020 ini.

Menurut Doni, Menteri Luhut melaporkan bahwa pemudik tahun ini mayoritas tidak akan kembali ke daerah asal masing-masing.

"Bahwa dari data yang dikumpulkan 56 persen masyarakat sudah sadar, sudah tahu tentang bahaya Covid-19. Dan 56 persen menyatakan diri tidak akan mudik. Kemudian 37 persen belum mudik, 7 persen sudah mudik," kata Doni setelah mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi, Senin (6/4).

Meski demikian, kata Doni, bagi masyarakat yang sudah terlanjur mudik, kepala daerah harus memanfaatkan mereka. Salah satunya menyediakan stimulan agar mereka memiliki pekerjaan.

"Fokus kepada program pertanian kemudian peternakan, perikanan budidaya dan program-program yang bisa meningkatkan ketahanan pangan nasional," kata Doni.

Doni juga menerangkan bahwa Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam waktu dekat ini akan membagikan 200 ribu pake sembako di wilayah Jabodetabek. Dia mengharapkan kepala desa hingga RT-RW membantu pendistribusian bantuan itu agar tepat sasaran.

"Kemudian juga, menyangkut masalah isolasi mandiri yang menjadi prioritas kita hari ini, kepada masyarakat yang sudah terlanjur kembali ke kampung. Apakah karena mudik atau sudah kehilangan pekerjaan di kota dan tidak mungkin bertahan di kota karena tidak memiliki kemampuan hidup di kota," kata Doni. (tan/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...