JPNN.com

Ini Pesan Dari dr Arina Buat Kamu yang Sering Pakai Hand Sanitizer

Sabtu, 11 April 2020 – 21:00 WIB
Ini Pesan Dari dr Arina Buat Kamu yang Sering Pakai Hand Sanitizer - JPNN.com

jpnn.com - Wabah virus corona memang bikin banyak orang panik dan parno. Saking parnonya, Anda mungkin cenderung jadi sering menggunakan hand sanitizer sebagai salah satu bentuk pencegahan virus corona. 

Pemakaian hand sanitizer sering jadi andalan di kala tidak ada sabun dan air. Cara pakainya praktis dan terbukti cukup ampuh membunuh kuman dan virus.

Tapi, tahukah Anda bahwa sering menggunakan hand sanitizer justru bisa bikin kulit Anda jadi kering? 

Mengapa Hand Sanitizer Membuat Kulit Tangan Kering?

Ya, penggunaan hand sanitizer secara berlebihan memang bisa membuat kulit tangan jadi kering, bahkan iritasi. 

Bukan tanpa alasan, dr. Arina Heidyana mengatakan bahwa hand sanitizer mengandung alkohol yang cukup tinggi yakni sebesar 60%. Kadar alkohol tersebut bisa mengiritasi kulit bila dipakai secara berlebihan. 

“Hand sanitizer itu dibuat nggak hanya menggunakan air, tapi juga pakai alkohol dan campuran zat kimia lainnya seperti klorin serta pewangi. Inilah yang bisa membuat tangan jadi kering bahkan iritasi. Jadi, lebih baik cuci tangan lebih sering dengan air dan sabun, dibanding hand sanitizer,” ujar dr Arina. 

Tidak hanya menjadi kering, dr. Arina juga mengatakan penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit tangan gatal dan memerah. 

Bagaimana pun, mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun masih lebih efektif membunuh kuman ketimbang menggunakan hand sanitizer.(klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy