Ini Saran Pengamat untuk PDIP agar Rakyat Ikut Wujudkan Trisakti

Ini Saran Pengamat untuk PDIP agar Rakyat Ikut Wujudkan Trisakti
Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - YOGYAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Arie Sudjito menilai partai-partai politik yang ada saat ini tak punya konsep yang jelas untuk mengorganisasi rakyat. Menurutnya, hal itu penting untuk melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan yang penting.

Berbicara dalam diskusi bertema Mewujudkan Tri Sakti Dengan Pembangunan Semesta Berencana Untuk Indonesia Raya di University Center, UGM, Senin (04/01), Arie mengatakan, selama ini masyarakat  kurang terlibat dalam pengambilan keputusan. Penyebabnya karena parpol tak punya peta jalan (roadmap) yang jelas tentang pelibatan publik dalam pengambilan keputusan.

Menurutnya, saat ini sudah waktunya menggeser pengambilan keputusan politik dari elitis jadi praksis.  “Lakukan pengorganisasian masyarakat, jangan rakyat diajak teknokrasi saja," kata Arie.

Sosiolong pengajar di FISIPOL UGM itu menegaskan, rakyat harus mulai dibiasakan untuk diajak memperdebatkan kekuasaan. Karena itu, lanjutnya, ketika ada sikap kritis jangan serta-merta dibawa ke ranah hukum.

“Ajak dan beri ruang debat tentang kekuasaan. Politik harus ditandai dengan debat habis-habisan, sengketa politik harus dibahas, ini harus diberi ruang, politik jangan sampai teramputasi," katanya.

Arie pun mengaku yakin pelibatan masyarakat secara aktif dalam pengambilan keputusan itu bisa terwujud. Sebab, rakyat juga sudah terbiasa berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah, pemilu legislatif hingga pemilihan pesiden.

Syaratnya, kata Arie, harus ada pendidikan politik bagi masyarakat. “Kita butuh adanya civic education, pendidikan politik yang lebih menyentuh masalah dan problema rakyat," tegasnya.

Menurutnya, parpol yang sebenarnya sudah punya modal untuk mengorganisasi massa adalah PDIP. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri yang pada 10-12 Januari nanti akan menggelar rapat kerja nasional itu punya kesempatan melahirkan kader yang kuat secara ideologis, namun mampu bekerja di setiap lini.

YOGYAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Arie Sudjito menilai partai-partai politik yang ada saat ini tak punya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News