Ini Sosok Ustaz yang Mengislamkan Roger Danuarta

Ini Sosok Ustaz yang Mengislamkan Roger Danuarta
Roger Danuarta bersama ustaz yang membimbingnya membaca syahadat. Foto: Source YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Kabar aktor Roger Danuarta menjadi mualaf memunculkan sosok Ustaz Insan Mokoginta. Pria paruh baya itu diketahui yang membimbing Roger Danuarta membaca kalimat syahadat.

Hal itu diketahui dari unggahan pemilik akun Facebook Herman Bin Mansyur yang mendokumentasikan proses Roger Danuarta menjadi mualaf.

Tak banyak yang tahu mengenai sosok Ustaz Insan Mokoginta. Namun, di kalangan mualaf, nama ustaz ini rupanya sudah dikenal.

Dikutip dari laman gomuslim, ustaz kelahiran Kotamobagu Manado 8 September 1949 ini rupanya juga seorang mualaf. Dia pernah memeluk agama katolik, padahal sejak lahir dia beragama Islam.

Kala itu, dia memilih memeluk Katolik karena pengaruh lingkungan dan pendidikan di Sekolah. Menurut orang tuanya saat itu, bilamana anak-anaknya telah dewasa, mereka dipersilakan untuk memilih agama apa. “Nah pengaruh sekolah itulah membuat kami semua beragama Katolik,” kata Ustaz Insan.

Pada 1980, Ustaz Insan yang saat itu berusia 31 tahun memutuskan untuk mengucapkan syahadat dengan dibimbing oleh Imam Masjid Al Muqarabin Muhammad Hafidz di Kelapa Dua Cimanggis Depok.

Setelah kembali memeluk Islam, Insan mulai terjun di dunia dakwah. Karier dakwahnya dimulai dari menulis buku kristologi. Buku itu lalu diperbanyak dan disebarluaskan agar dibaca oleh umat. Dari menulis buku, Insan kemudian memberanikan diri untuk tampil di depan umum

Dakwah Insan pun merambah sampai ke luar negeri. Langkah nyata yang dilakukannya adalah dengan mendirikan perpustakaan Birrul Walidain di Hong Kong. Insan juga menyuplai buku-buku dan VCD Kristologi yang menjadi andalannya dalam dakwah Islam. (jpnn)


Kabar aktor Roger Danuarta menjadi mualaf memunculkan sosok Ustaz Insan Mokoginta, yang juga seorang mualaf.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News