JPNN.com

Ini Tantangan Melatih Kader PMMD Kemenpora

Selasa, 05 Desember 2017 – 23:59 WIB Ini Tantangan Melatih Kader PMMD Kemenpora - JPNN.com

jpnn.com, CIREBON - Salah satu program unggulan Kemenpora, Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) telah memasuki tahap evaluasi perdana.

Sejak masa pelatihan sampai masa pengukuhan ini, ternyata ada beberapa cerita dari para instruktur terkait tantangan di lapangan ketika dipercaya memberikan pengisian pelatihan terhadap 1.500 kader PMMD yang tersebar di 10 provinsi tersebut.

Salah satu yang mengungkapkan ceritanya adalah Varhan Azis. Dia menyebut ada tantangan tersendiri memang dalam memberikan materi, namun dia merasakan dalam memberikan materi tak terlalu sulit.

"Kalau dibilang, pesertanya relatif kooperatif, punya kapasitas yang baik. Mereka juga kan para sarjana. Jadi tak sulit dalam memberikan materi," ungkapnya, Sabtu (2/12).

Soal tantangan, pria yang memiliki unlimited shop and store ini menyebut kebanyakan datang dari karakter setiap kader PMMD yang dilatih. Pasalnya, mereka berasal dari kabupaten berbeda-beda, sehingga memiliki latar belakang yang berbeda dan karakter daerah yang berbeda.

"Perlu usaha memang untuk menyatukan semangat dan korsanya, kedisiplinan, dan juga pemahaman terhadap tugas," ungkap dia.

Beberapa peserta PMMD yang ditemui saat pengukuhan juga merasakan pelatihan yang diberikan cukup bermanfaat. Mereka merasa semakin percaya diri dan optimistis mampu menjalankan tugas yang dibebankan oleh Kemenpora kepada 1500 kader PMMD di lapangan.

"Dengan pelatihan yang diberikan dan bantuan instruktur, kami bisa mewujudkan target sebagai pemuda mandiri yang memiliki kapasitas dalam menelurkan ide-ide membangun desa," ujar Arif Sulaeman, kader PMMD asal Lampung. (dkk/jpnn)



SPONSORED CONTENT

loading...
loading...