Ini Tiga Jenis Radioterapi untuk Pengobatan Pasien Kanker

Ini Tiga Jenis Radioterapi untuk Pengobatan Pasien Kanker
ilustrasi kanker paru-paru

jpnn.com - RADIOTERAPI atau terapi sinar radiasi adalah salah satu cara pengobatan kanker selain pembedahan dan kemoterapi.

Radioterapi bisa menjadi bentuk pengobatan utama untuk sembuh dari kanker. Selain itu, membantu mengurangi ukuran kanker sebelum dilakukan pembedahan.

Manfaat radioterapi pada setiap pasien kanker berbeda-beda, tergantung dari kasus kanker yang dialami pasien. Lantas apa saja jenis-jenis radioterapi?

Adi Husada Cancer Center (AHCC) sebagai salah satu pelayanan kanker terpadu di bawah naungan RS Adi Husada Undaan Wetan menjelaskan, jenis radioterapi untuk pengobatan kanker ini.

 
1. Radioterapi eksternal

Radioterapi eksternal ini dilakukan dengan cara memancarkan sinar energi ke dalam tubuh yang terkena sel kanker kurang lebih 30 menit. Tujuannya untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

2. Radioterapi implan

Terapi jenis ini biasanya dilakukan pada kasus kanker rahim, serviks dan leher. Radioterapi implan digunakan ketika posisi sel kanker sangat dalam atau letaknya terhalang bagian organ tubuh lain, jadi tubuh pasien akan ditanam implan dengan materi radioaktif.

Radioterapi bisa menjadi salah satu bentuk pengobatan utama untuk sembuh dari kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News