Ini yang terjadi jika Kehilangan Berat Badan Terlalu Cepat

Ini yang terjadi jika Kehilangan Berat Badan Terlalu Cepat
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Jika Anda memulai rencana diet yang ekstrem, kalian mungkin menganggap tubuh bisa menerimanya.

Menurut NYC Surgical Associates, Christopher Hollingsworth, MD diet berlebihan justru bisa menempatkan pada risiko beberapa masalah.

"Begitu Anda kehilangan lebih dari 10 persen berat tubuh dalam waktu tiga bulan, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah yang signifikan," jelas Hollingsworth.

Hollingsworth mengatakan penting untuk diingat bahwa tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua orang untuk menentukan jumlah kg tertentu karena setiap orang berbeda.

Misalnya, ketika menjaga persentase berat badan dalam pikiran, kisaran penurunan berat badan yang sehat akan lebih besar untuk individu yang kelebihan berat badan daripada orang yang tidak dianggap kelebihan berat badan.

Hollingsworth juga percaya bahwa melihat penurunan berat badan mingguan tidak selalu merupakan indikator terbaik, karena itulah dia berfokus pada jeda tiga bulan.

"Saat menjalankan defisit kalori untuk menurunkan berat badan, tren rata-rata Anda selama sebulan adalah penting, namun menargetkan sasaran mingguan tidaklah tepat," tambah Hollingsworth.

Menurut Dr.Hollingsworth, ada banyak efek samping yang bisa terjadi saat Anda menurunkan terlalu banyak berat badan dalam waktu singkat. Anda mungkin mengalami konstipasi, diare, mual atau sakit perut.

Melihat penurunan berat badan secara mingguan tidak selalu merupakan indikator terbaik, karena itulah dia berfokus pada jeda tiga bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News