JPNN.com

Inilah 10 Pilkada Paling Menyita Perhatian Tahun Ini

Minggu, 27 September 2020 – 14:25 WIB
Inilah 10 Pilkada Paling Menyita Perhatian Tahun Ini - JPNN.com
Gibran Rakabuming meramaikan persaingan di Pilkada 2020. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis Indonesia Indicator (I2) menyebutkan ada sepuluh pemilihan kepala daerah tahun ini yang menjadi sorotan media online.

"Dari 270 daerah yang akan menggelar pilkada, sebanyak sepuluh daerah mengisi 40 persen pemberitaan di media online," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang saat memaparkan hasil risetnya bertajuk "Pilkada Serentak Teramai di Media Mainstream" di Jakarta, Minggu (27/9).

Sebanyak 260 daerah lainnya, lanjut dia, sekitar 60 persen dari total berita pilkada.

Indonesia Indicator dalam melakukan risetnya menggunakan piranti lunak kecerdasan buatan (AI) mencatat, sepanjang 20 Juni—20 September 2020 total pemberitaan soal pilkada serentak di 270 daerah (9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota) mencapai 203.402 berita.

Menurut Rustika, Pilkada Surakarta dan Pilkada Medan menjadi dua daerah yang paling disorot media online.

"Berpartisipasinya Gibran Rakabuming di Pilkada Surakarta dan Bobby Nasution di Pilkada Medan mendorong pemberitaan di kedua daerah pilkada tersebut," kata Rustika.

Pilwalkot Surakarta menjadi pilkada teramai nomor pertama dengan 13.693 berita.

Selain membahas sosok Gibran, kata Rustika, media juga menyoroti sosok penantang Gibran-Teguh Prakosa di Pilkada Surakarta, mulai dari isu melawan Kotak Kosong hingga Gibran–Teguh ditantang oleh pasangan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek